Ekonomi
Web
Ekonomi Web adalah ilmu
yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,
distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa yang berbasis Web.
Istilah "ekonomi"
sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος
(oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang
berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi
diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah
tangga". Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah
orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
Contoh Ekonomi Web :
- Pertumbuhan Ekonomi yang disediakan menggunakan Web
- Belanja atau jual beli barang melalui toko online dan marketplace
- Transportasi berbasis digital seperti GO-JEK dan
GRAB
- Sistem pembayaran dan dompet digital antara lain ada OVO, DANA, LinkAja dll
Dampak
Ekonomi dari Pengaruh Web
Hasil interaksi antara
perkembangan inovasi dan kemajuan teknologi informasi memunculkan ekonomi web
yang berdampak pada perekonomian. salah satu dampaknya ialah sumbangan terhadap
PDP setiap tahun meningkat, mendorong tumbuhnya entrepreneur muda melalui bisnis
start-up serta mampu menciptakan model bisnis dan pelaku ekonomi baru yang
sangat dinamis
Adapun dampak ekonomi dari pengaruh web yang terdiri dari periklanan, penjualan online dan lelang online yaitu :
- Periklanan
· Dampak
terhadap produk
Kepercayaan terhadap produk meningkat dan
memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak
lagi untuk memenuhi selera konsumen.
·
Dampak
terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan
(melaluibiro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk
digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.
·
Dampak
terhadap Perusahaan.
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama
pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya
menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang
digunakan.
·
Dampak
terhadap Pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan
mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun
substitusi lainnya.
·
Dampak
terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan
bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi.
·
Dampak
terhadap Bisnis dalam Masyarakat.
Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan
bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang
lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.
·
Dampak
Terhadap Nilai suatu Produk
Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu
produk karena periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu,
periklanan dapat menambah nilai yang lebih positip dan menambah nilai ekonomi
untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen.
·
Dampak
pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah
penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.
· Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online sehingga tidak ada hambatan sekalipun jarak itu antar negara.
· Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online.
· Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada
aspek jenis produksi.
3. Lelang Online
·
Tidak
Terbatas oleh Waktu.
Dengan lelang online, Anda dapat melakukan
penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
·
Tidak
Terbatas oleh Tempat.
Anda tidak perlu melihat wajah saingan saingan
yang ikut menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri
pada benua yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet.
·
Jumlah
Penawar yang Besar.
Lelang online menyediakan ruang yang cukup
sekalipun semua manusia di dunia berpartisipasi.
·
Jumlah
Penjual yang Besar.
Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya
juga memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh
kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan.
·
Jaringan
Ekonomi.
Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.
Referensi :
- https://thidiweb.com/pengertian-ekonomi-serta-prinsipnya/
- https://agybelthanabd.wixsite.com/blog/post/dampak-ekonomi-dari-pengaruh-web-yang-terdiri-dari-periklanan-penjualan-online-lelang-dll
Komentar
Posting Komentar