Ekonomi Web dan Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web

 


Ekonomi Web

Ekonomi Web adalah  ilmu  yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa yang berbasis Web.

Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga". Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Contoh Ekonomi Web :    

  • Pertumbuhan Ekonomi yang disediakan menggunakan Web
  • Belanja atau jual beli barang melalui toko online dan marketplace
  •  Transportasi berbasis digital seperti GO-JEK dan GRAB
  • Sistem pembayaran dan dompet digital antara lain ada OVO, DANA, LinkAja dll

 

Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web

Hasil interaksi antara perkembangan inovasi dan kemajuan teknologi informasi memunculkan ekonomi web yang berdampak pada perekonomian. salah satu dampaknya ialah sumbangan terhadap PDP setiap tahun meningkat, mendorong tumbuhnya entrepreneur muda melalui bisnis start-up serta mampu menciptakan model bisnis dan pelaku ekonomi baru yang sangat dinamis

Adapun dampak ekonomi dari pengaruh web yang terdiri dari periklanan, penjualan online dan  lelang online yaitu :

  1. Periklanan

·       Dampak terhadap produk

Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.

 

·         Dampak terhadap Media

Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melaluibiro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.

 

·         Dampak terhadap Perusahaan.

Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan.

 

·         Dampak terhadap Pesaing

Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.

 

·         Dampak terhadap Konsumen.

Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi.

 

·         Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat.

Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.

 

·         Dampak Terhadap Nilai suatu Produk

Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk karena periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu, periklanan dapat menambah nilai yang lebih positip dan menambah nilai ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen.

 

·         Dampak pada Harga

Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.


       2. Penjualan Online

·  Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online sehingga tidak ada hambatan sekalipun jarak itu antar negara.

·     Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online.

·   Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.

 

        3. Lelang Online

·         Tidak Terbatas oleh Waktu.

Dengan lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

 

·         Tidak Terbatas oleh Tempat.

Anda tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet.

 

·         Jumlah Penawar yang Besar.

Lelang online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia berpartisipasi.

 

·         Jumlah Penjual yang Besar.

Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan.

 

·         Jaringan Ekonomi.

Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.



Referensi :

  • https://thidiweb.com/pengertian-ekonomi-serta-prinsipnya/


  • https://agybelthanabd.wixsite.com/blog/post/dampak-ekonomi-dari-pengaruh-web-yang-terdiri-dari-periklanan-penjualan-online-lelang-dll


Komentar