Metode Servqual dan Webqual dalam Analisis Web

 


Metode Servqual

Metode servqual adalah suatu kuesioner yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa. Cara ini mulai dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Zeithaml, Parasuraman & Berry. Dengan kuesioner ini, kita bisa mengetahui seberapa besar celah (gap) yang ada di antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap suatu perusahaan jasa. Dalam kuesioner yang disebar nantinya akan terdapat penilaian pelanggan terhadap 2 bagian penting yaitu Bagian Ekspektasi yang memuat pertanyaan tentang harapan umum dari konsumen terhadap sebuah jasa. Kemudian Bagian Persepsi yang memuat pertanyaan untuk mengukur pandangan konsumen terhadap perusahaan dengan kategori tertentu.

Kriteria Metode Servqual

Tangible(Bukti Terukur)

Adalah Kemampuan  dalam menunjukkan eksistensinya pada pihak eksternal. Penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan serta keadaan lingkungan sekitar adalah bukti nyata dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa.

Contoh : Fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi.

 

Reliability(Keandalan)

Adalah kemampuan untuk memberikan pelayanan yang dijanjikan secara akurat dan handal.

Contoh :         Pelayanan dalam pengiriman barang sampai tepat pada waktu yang dijanjikan.

 

Responsivess (Ketanggapan)

Adalah kesediaan untuk membantu pelanggan serta memberikan perhatian yang tepat.

Contoh :         Customer Service dalam melayani mahasiswa baru, yang mengubungi atau mendatangi langsung kampus untuk berinteraksi atau memperoleh informasi.

 

Assurance (Jaminan)

Adalah Kesopanan dan berpengetahuan luas yang memberikan rasa percaya serta keyakinan.

Contoh :         Memberikan service terbaik, kesopanan dan respek kepada pelanggan

 

Empathy(Empati)

Adalah kepedulian serta perhatian individual kepada para pengguna.

Contoh :         pelayanan kampus yang mana mahasiswanya mengalami miskomunikasi dan pihak kampus berusaha membantu untuk bisa memecahkan masalahnya.

 

 

Metode Webqual

Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Webqual ini merupakan metode yang telah dikembangkan dari Servqual yang disusun oleh Parasuraman. Variabel dari websqual adalah kegunaan, kualitas informasi dan interaksi layanan yang merupakan variabel bebas.

Metode Penilaian

Webqual juga sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa iterasi dalam penyusunan dimensi dan butir-butir pertanyaannya. Webqual 4.0 tersebut disusun berdasarkan penelitian pada tiga area yaitu :

 

Information Quality

Adalah mutu dari isi yang terdapat pada site, pantas tidaknya informasi untuk tujuan pengguna

Contoh : Akurasi, format dan keterkaitan yang disampaikan pada site.

 

 

Service Interaction Quality

Adalah  mutu dari interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna ketika mereka menyelidiki kedalam site lebih dalam, yang terwujud dengan kepercayaan dan empati

Contoh : isu darikeamanan transaksi dan informasi, personalisasi dan komunikasi dengan pemilik site.

 

Usability Quality

Adalah mutu yang berhubungan dengan rancangan site

Contoh : penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan gambaran yang disampaikan kepada pengguna.

 

 

 

 

Referensi     :

https://digilib.undip.ac.id/v2/2012/05/11/servqual-metode-tepat-meningkatkan-kualitas-layanan-perpustakaan/

https://andalforsharing.wordpress.com/2015/04/14/webqual/

Komentar