Web Science
Adalah
segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari
sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju
ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga
memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Secara definisi ilmu web atau Web science adalah studi skala besar mengenai WWW(World Wide Web) untuk memahami apa itu web dan mengeksplorasi topik terkait web yang telah berdampak di masyarakat dan teknologi dan mempertimbangkan hubungan antara manusia dan teknologi. Ilmu web atau web science menggabungkan penelitian dari disiplin ilmu yang beragam seperti sosiologi, ilmu komputer, ekonomi dan matematika.
Web Science ialah ilmu
yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat
dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan
sehari-hari. Dengan begitu kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber
daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik
dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.
Salah satu contoh web science
yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang pendidikan yaitu Ruang Guru,
Virtual Class, Quizizz, Socrative, Google Classroom dan lain sebagainya
Sejarah Web Science
Sir Timothy John ¨Tim¨
Berners-Lee adalah orang yang menemukan web yang banyak muncul pada jaman
sekarang, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali
muncul pada tahun 1991. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim
bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua
orang. dan hingga kini penemuan ini menjadi sangatlah penting sifatnya dalam
dunia perkembangan sebuah internet.
Website ditulis, atau secara
dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software
yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman
web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet,
perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon
selular.
Web Science sendiri didirikan
pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence
ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of
Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi
pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science
sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang
penting.
Untuk melanjutkan aktifitasnya
dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI
membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World
Wide Web. Tujuannya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan
Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web.
Pada awal perkembangannya,
sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di
akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site.
Dan sejak saat itu, website mulai populer di kalangan publik karena sudah dapat
diakses dan digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.
Perkembangan
Web
·
Web 1.0
Merupakan
teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet
karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya,
Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk
pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Contoh
dari Web 1.0 adalah CNN.com dan Bhinneka.com
Web 2.0
Pertama
kali diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan
oleh penggunaan internet sebagai
platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan
untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Pada web 2.0 juga
sangat menarik tidak hanya berkomunikasi dua arah tetapi bisa berbagi data dan
memberikan berbagai konten yang dapat diakses keseluruh dunia.User bukan hanya
sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen informasi dalam istilah populer
adalah user generated content.
Contoh
dari Web 2.0 adalah Wiki, flickr.com, dan del.icio.us
·
Web 3.0
Pada
generasi ini biasanya disebut semantic web yang merupakan sekumpulan teknologi
yang memberikan cara baru yang lebih efisien dalam membantu mengorganisasi dan
menarik kesimpulan dari data online. Jadi
pada Semantic Web memiliki tujuan
yang tidak hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia,
tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan
oleh perangkat lunak (software agents). Melalui
Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan
mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah atau lebih tepatnya Web
3.0 sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial
intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh system.
Contoh
dari Web 3.0 adalah Knowledge graph di Google Search, Siri, Voice Action
Android atau Voice search di Google, Google Now dan Google Glass.
·
Web 4.0
Adalah
private secretary dalam bentuk organisme buatan. Sebuah alat dimana aplikasi
merekam rutinitas yang kita lakukan yang seluruh rutinitas tersebut bisa
diketahui oleh aplikasi komputer, program, tools, device yang kita miliki yang
dijalankan secara online. Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran
data terkini dalam teknologi pabrik. Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”.
Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses
fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan
yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik
berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara
bersamaan.
Contoh dari Web 4.0 adalah virtual reality, RFID atau Radio Frequency Identification. RFID adalah teknologi yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card
·
Society
5.0
Suatu
konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis
teknologi (technology based) yang dikembangkan oleh Jepang. Kecerdasan buatan
(artificial intelligence) akan mentransformasi big data yang dikumpulkan
melalui internet pada segala bidang kehidupan (the Internet of Things) menjadi
suatu kearifan baru, yang akan didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan
manusia membuka peluang-peluang bagi kemanusiaan.
Contoh
dari Society 5.0 adalah Sensor, AI, dan robot
Metodologi Web Science
Web
Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah
ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan. Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001].
Sebagai contoh laporan riset Fetterly, 2004 menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Referensi :
·
https://medium.com/@deni.kurniawan/perkembangan-web-1-0-ke-4-0-inovasi-di-industri-4-0-5-0-2776339d2f8b#:~:text=Web%201.0%20merupakan%20teknologi%20Web,kerja%20dunia%20industri%20dan%20media.
·
https://pengantarwebsience.blogspot.com/2020/03/1_21.html
·
https://karinov.co.id/revolusi-industri-5-jepang/
Komentar
Posting Komentar